Kamis, 20 Oktober 2016

Gak Tau Judulnya Apa



Tahu kan kalau di jurusan Agribisnis itu ada mata kuliah Dasar-Dasar Agronomi? Gak tau? Sekarang kamu udah tau.
Di sana ada 2 sks teori dan 1 sks praktek lapangan, jadi totalnya itu ada 3 sks untuk satu mata kuliah, Dasar-Dasar Agronomi.

Jadi, Agronomi itu apa?

Adalah ilmu yang mempelajari tentang membudidayakan tanaman pertanian agar berkelanjutan dan hasilnya maksimal. Gitulah ya kira-kira. Aku lagi males buka buku catatan karena sedang maskeran pakai spirulina di depan laptop yang kursor hitamnya terus bergerak karena aku terus mengetik (ya iyalah menurut L-__-).

Oke jadi intinya, praktek lapangan itu diadakan setiap hari Sabtu pukul 3 sore. Ih! Panas kan? Panas lah! Gila aja sekarang kan pemanasan global parah. Awalnya panas banget, percaya deh. Kami-kami aja sampai berebut air karena cairan tubuh terlalu banyak menguap pas lagi nyangkol dan cabut rumput. Tapi sekarang nggak kepanasan lagi, deng. Malah kebanjiran :(

Iya kebanjiran. Soalnya gerimis-gerimis manja dan hujan malu-malu pada berdatangan. Drainase kami jadi penuh dengan air, beberapa bedengan longsor, beberapa enggak, dan beberapa lagi dijadikan tempat ski sama mahasiswa-mahasiswi yang kemarok lumpur. Yang paling mengenaskan adalah kalau terlalu banyak hujan, pupuk yang selama ini kami baurkan ke tanah jadi terbilas bersih oleh air. Itu mengerikan, tau. Jadi sedih deh.

Eh tapi ada yang lebih sedih lagi lah.

Waktu aku buat bakwan goreng untuk camilan kelompok, tepung yang kebeli di warong depan gampong limpok itu bauk! Jadinya bakwannya rada-rada bau apek. Besok-besok jangan beli tepung di tempat itu ya! Apek! Benci. Jahat. Gak suka.

Padahal masakanku kan enak. Meskipun gitu tetep aja bakwannya ludes, malah sambal ABC-nya yang kelebihan. Mungkin bakwan aku emang seenak kelihatannya, sampai sambal ABC yang 300mL aja kalah. Atau mungkin karena merekanya yang kelaparan ya? Wkwk

Jadi ceritanya kami setiap Sabtu selalu kompak buat bikin bekal apa yang dibawa untuk seluruh anggota kelompok. Sabtu kemarin keluarlah keputusan dengan hasil voting terbanyak, diantaranya:
1.      1. Camilannya Bakwan Jagung + Saos ABC
2.      2. Minumannya Nutrisari + Es Batu gedek-gedek.

Terakhir aku dan Fina yang belanja ke pasar. Baru kali itu lah ke pasar bareng temen, tanpa Mama dan tanpa Yangti (Eyang Putri: nenek dalam bahasa Jawa). Eh pas di sana aku lupa kalau uang kasnya itu sama temenku, namanya Cukak. Cukak itu nama kesayangan dari kami, nama aslinya sih Cut Putri Fahrina. Gitulah ya, nggak usah dibahas lebih lanjut. Intinya aku nggak bawa uang kas kami. Jadi sementara pake uang aku dulu.

Pertama aku dan Fina pergi ke Pertamina dulu buat ngisi minyak Honda. Aku nggak tau deh di situ pagi-pagi ternyata udah banyak banget yang antri mau isi bensin. Terus selanjutnya aku bilang ke Fina kalau di dompetku cuman ada uang 50k. Tapi itu nggak termasuk bayarin bensinnya Fina. Fina bawa uang sendiri di tangan kirinya, aku lihat. Dan dengan itu dia bayar ke mas-mas yang ngisiin bensin buat Hondanya.

Btw, makasih ya, Mas. Udah mau ngisiin.

Jadi Fina bilang, “Yahhh, Ty. Aku nggak bawa uang lebih lah. Tadi maunya kamu bilang dulu kan yaa..”

“Yaudah deh, kita coba tawar aja dulu. Semana lah bahan bakwan jagung itu paling nggak nyampe duapuluh ribu, ya kan?”

“Iya, coba aja kita tawar.”

SALAH WOI!

SALAH!

Padahal terakhir kami belanja lebih dari duapuluh ribu. Tapi uangku cukup sih, lebih seribu. Yang kemudian tersimpan di dompet. Bukan berarti aku dan Fina nggak bisa menawar, tapi kami belanja keperluan selain bahan bakwan jagung itu. Aku nggak akan bilang ke kalian kami belanja apa-apa aja, karena itu rahasia kelompok. 

Itu berarti total belanjaan 48k.

Terus aku tarik uang lagi di atm.
 Dan uang aku juga diganti.
-fin-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar